Cara Terbaru Transfer Buku dari Google Play Book ke Kindle

Posted in ID, reading, tips by

Halo! Jujur aja, aku nggak nyangka kalau blog yang udah jarang di-update ini ternyata view-nya masih lumayan banyak, thanks to my most popular blog post: Cara Transfer Buku dari Google Play Book ke Kindle. Tapi sayangnya ternyata tips di postingan itu udah obsolete karena adanya beberapa perubahan, misalnya pada cara download EPUB dari Google Play Book, Adobe Digital Edition yang sekarang butuh authorization, dan ePubee yang ternyata udah lenyap dari dunia maya. Jadi, karena beberapa hal tersebut, aku mau share lagi cara terbaru transfer buku dari Google Play Book ke Kindle.

DISCLAIMER: Tips ini aku bagikan hanya untuk mentransfer buku yang sudah dibeli secara legal di Google Play Store agar bisa dinikmati dengan menggunakan Kindle. Aku tidak mendukung pembajakan dalam bentuk apapun. Aku tidak bertanggung jawab apabila di kemudian hari tips ini digunakan dalam praktik pembajakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Prinsipnya masih sama. Yang harus kita lakukan adalah:

  1. Download file ACSM dari Google Play Store
  2. Buka file tersebut di Adobe Digital Edition
  3. Remove DRM dari file ePUB
  4. Convert ePUB ke format MOBI
  5. Kirim file MOBI ke Kindle

Yang Kita Butuhkan


Langkah Pertama – Download File ACSM dari Google Play Store

Buka Google Play Books lewat browser. Dari menu di sebelah kiri, pilih “My Books”. Di buku yang mau kamu transfer ke Kindle, klik tiga titik di kanan bawahnya lalu pilih Export.

Ketika muncul dialog seperti di atas, pilih Export ACSM for EPUB. Tunggu sampai proses download selesai.

Langkah Kedua – Buka File Tersebut di Adobe Digital Edition

Drag and drop file ACSM yang sudah kita download dari Google Play Store ke Adobe Digital Edition. Tunggu sampai proses download content selesai kemudian pastikan buku tersebut bisa dibuka dan dibaca.

Kemudian, klik kanan pada buku di Library dan pilih Show File in Explorer atau Show File in Finder. File yang kemudian dimunculkan di Explorer/Finder adalah file EPUB yang akan kita gunakan pada tahap selanjutnya.

Langkah Ketiga – Remove DRM dari File EPUB dan Convert EPUB ke Format MOBI

Di Calibre, kedua proses ini dilakukan secara sekaligus. Buka Calibre, lalu drag and drop file EPUB ke Library. Perhatikan file-nya ya. Yang harus kita masukkan ke Calibre adalah file yang dari Adobe Digital Editions tadi (format .epub) BUKAN yang kita download dari Google Play Store (format .acsm).

Pastikan bahwa output format-nya sudah betul MOBI. Setting yang lainnya bisa dibiarkan saja apa adanya. Klik OK. Pada bagian pojok kanan bawah Calibre akan muncul lingkaran berputar-putar dan tulisan “Jobs: 1”. Jika lingkaran tersebut sudah hilang dan jobs sudah menjadi 0, itu tandanya proses penghapusan DRM dan konversi ke format MOBI sudah selesai.

Pada Library (masih di Calibre), klik kanan pada judul buku kemudian pilih Open containing folder. Pada folder yang terbuka, terdapat baik file EPUB maupun file MOBI. File MOBI tersebut sudah bisa kita kirim ke Kindle.

Langkah Keempat – Kirim File MOBI ke Kindle

Cara paling praktis untuk mengirim file MOBI ke Kindle menurutku masih tetap dengan mengirimkannya via Send-to-Kindle E-mail. Pada Kindle, buka buka Settings > All Settings > Your Account. Di paling bawah halaman ada alamat email untuk kita kirimkan file MOBI.

Buat email baru dari alamat email yang sama dengan akun Amazon kita. Tambahkan alamat email @kindle.com kita di kolom tujuan. Masukkan file MOBI sebagai attachment. Subjek dan yang lainnya bisa dikosongkan saja. Kirim, kemudian tunggu beberapa saat. Buku kita sudah bisa dibaca di Kindle ? (Kalau buku masih belum muncul, pastikan Kindle terhubung ke internet dan lakukan syncing secara manual melalu Settings > Sync Your Kindle)


And there you go! Menggunakan Calibre lebih mudah dan cepat dibanding dengan cara yang sebelumnya pernah aku share. Tapi mungkin cara awal ketika installing-nya yang agak sedikit membingungkan. Aku sengaja menulis cara instal dan set up Calibre serta Adobe Digital Editions di postingan terpisah supaya nggak terlalu membingungkan dan supaya postingan ini nggak kepanjangan. Semoga membantu yaaa…

Happy reading! ?

7 October 2021
Previous Post Next Post

13 Comments

  • Reply Fakhrizal

    Tapi file nya masih kebaca sebagai pdf ya di kindle nya? Bukan sebagai buku?

    11 November 2021 at 6:03 AM
    • Reply Dara

      Di Kindle dia masuknya ke document ya

      17 January 2022 at 1:28 PM
  • Reply Si Welle

    Terima kasih, sudah berhasil. Ternyata kena limit, tidak bisa lebih dari 2 buku. Tapi cukup senang. Salam kenal ya, sama nih tinggal di Bandung juga.

    2 January 2022 at 12:10 AM
    • Reply Dara

      Halo, salam kenal juga. Maaf kalo untuk limitnya itu maksudnya di bagian mananya ya?

      2 January 2022 at 6:05 AM
  • Reply Co

    Thanks buat infonya mbak, tapi saya tidak berhasil. Katanya the book is locked by DRM. Kira-kira mbak tau nggak permasalahannya di mana?

    17 January 2022 at 1:26 PM
    • Reply Dara

      Halo… pastikan Calibre-nya udah dipasangin plugin DeDRM & plugin-nya udah aktif ya. Caranya ada di bagian “Yang Kita Butuhkan” di postingan ini ?

      3 February 2022 at 9:50 PM
  • Reply dy

    Hi, Aku udah nyoba ini. tapi pas download dari Google Play Book, formatnya jad “export ASCM for PDF” bukan epub. apakah ada solusi ?
    aku coba dari format EPub sudah berhasil. thank you

    29 January 2022 at 4:07 PM
    • Reply Dara

      Halo.. ini kemaren udah aku jawab di DM IG ya, tapi aku jawab juga di sini barangkali ada yang masalahnya sama juga.

      Jadi untuk format download dari Play Store itu tergantung si buku & penerbitnya. Beberapa buku ada yang cuma bisa di-download dalam format PDF, ada yang cuma format epub, dan ada juga yang bisa dua-duanya. Jadi aku nggak bisa kasih solusi lain selain ya convert aja format yang bisa di-download itu ke format yang bisa dibuka di Kindle ?

      3 February 2022 at 9:24 PM
  • Reply Emy Aditya

    thank you for sharing, many thanks

    11 June 2022 at 1:40 AM
  • Reply bahis siteleri incest category

    yandanxvurulmus.gkVhE1bXAXxo

    29 December 2023 at 7:10 PM
  • Reply dietist

    xyandanxvurulmus.bpQQMfVSO0De

    30 December 2023 at 2:53 AM
  • Reply thoughtlessnesses

    xbunedirloooo.dp4oNJ37kw3M

    30 December 2023 at 4:29 AM
  • Reply misintelligence

    misintelligence xyandanxvurulmus.e0XCURv7Ef5z

    30 December 2023 at 3:23 PM
  • Leave a Reply

    You may also like