Cara Transfer Buku dari Google Play Book ke Kindle

Posted in ID, reading, tips by

Ketika beralih dari baca e-book di tablet Samsung ke Kindle Paperwhite, aku merasakan sedikit kekhawatiran tidak lagi bisa baca koleksi e-book yang sudah kubeli dari Google Play Store. Tapi ternyata cara transfer buku dari Google Play Book ke Kindle itu nggak susah lho… Hanya sedikit ribet, tapi gampang banget. Berikut ini caranya 😉

Yang Kamu Butuhkan

  • Laptop atau PC
  • Adobe Digital Editions (download di sini lalu instal)
  • ePUB DRM Removal (download di sini lalu instal)

Langkah Pertama – Download Buku yang Mau Kita Transfer

Buka Google Play Books lewat browser. Dari menu di sebelah kiri, pilih My Books. Di buku yang mau kamu transfer ke Kindle, klik tiga titik di kanan bawahnya lalu pilih Download EPUB. File yang ter-download nanti formatnya belum berupa ePUB, melainkan ACSM, jadi kita butuh Adobe Digital Editions untuk membukanya.

Langkah Kedua – Buka Buku di Adobe Digital Editions

Buka Adobe Digital Editions. Drag and drop file ACSM yang sudah kita download tadi. Coba buka buku tersebut. Pastikan buku itu bisa dibuka di Adobe Digital Editions.

Di laman utama Adobe Digital Editions, klik kanan pada buku lalu pilih Show File in Explorer. File tersebut sekarang sudah dalam format ePUB.

Langkah Ketiga – Hapus DRM di File Buku

Buku-buku yang dijual di Google Play Store dilindungi oleh DRM atau digital rights management. Ini adalah bentuk perlindungan terhadap hak cipta atas sebuah karya, tujuannya adalah untuk mencegah pembajakan. Tapi berhubung kita sudah memiliki buku ini karena kita beli langsung di Google, jadi aku rasa sah saja bagi kita untuk mengkonversi buku ini. Nah, sebelum buku berformat ePUB milik kita ini bisa dikonversi ke format yang bisa dibuka di Kindle, terlebih dahulu kita harus menghapus DRM-nya.

Buka ePUBee DRM Removal yang tadi sudah kita instal. Ketika pertama kita buka program ini akan muncul kotak dialog seperti di atas. Pilih Load the eBooks. Setelah loading selesai, pilih judul buku yang ingin kita hapus DRM-nya lalu klik tombol hijau di kanan bawah. Tunggu sampai proses penghapusan selesai. Setelah selesai, secara otomatis program akan membuka folder berisi ePUB yang telah selesai diproses. Untuk memudahkan proses selanjutnya, aku sarankan pindahkan file ePUB tersebut ke folder yang mudah diakses (misalnya Desktop atau Documents).

Langkah Keempat – Konversi ePUB ke Format .mobi

Di browser, buka website ePUBee.com. Pastikan format konversi sudah sesuai (EPUB to MOBI). Klik Browse File(s) lalu pilih file ePUB yang akan kita konversi. Tunggu konversi selesai, lalu download file .mobi-nya.

Langkah Terakhir – Kirim File .mobi ke Kindle

Ada beberapa cara untuk mentransfer file dari laptop atau PC kita ke Kindle. Cara paling praktis menurutku adalah dengan memanfaatkan fitur Send-to-Kindle. Di Kindle, buka Settings > All Settings > Your Account. Di paling bawah halaman ada alamat email untuk kita kirimkan file .mobi kita. Setelah dikirim, tunggu beberapa saat dan buku akan muncul di library Kindle kita. Jika tidak, coba sync Kindle kita secara manual dengan cara buka Settings > Sync Your Kindle (pastikan Kindle terhubung ke internet).


Proses mentransfer buku dari Google Play Books ke Kindle ini sebenarnya cukup mudah, tapi ya itu tadi… ribet. Tapi aku pribadi (yang agak pelit ini haha) lebih memilih agak ribet daripada rugi. Dengan mengetahui cara transfer buku ini, aku juga jadi bisa berhemat. Kalau ada buku yang mau aku beli, aku akan membandingkan dulu harganya antara Google Play Store dengan Amazon. Yang mana yang lebih murah, itu yang aku beli. Nggak jadi masalah karena buku dari keduanya bisa aku baca di satu device 😁

Jadi gimana? Udah kabita pengen beli Kindle juga belom? 😜

13 April 2020
Previous Post Next Post

1 Comment

  • Reply Cara Transfer Buku dari Google Play Book ke Kindle – Blogger Perempuan

    […] Baca Selengkapnya […]

    20 April 2020 at 4:53 PM
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: