#BPN30dayChallenge2018 Day 12 – Sehat Itu Dimulai dari Diri Sendiri

Posted in health, ID by

Menurutku, sehat adalah pangkal dari hidup yang sejahtera. Sehat itu harus. Kalau tidak sehat, maka apapun yang kita rencanakan, seberapa kaya pun kita, semuanya akan percuma. Jadi sehat itu harus dijaga dan diusahakan. Dan yang perlu kita ingat adalah: sehat itu dimulai dari diri sendiri. Kalau untukku, cara supaya tetap sehat antara lain:

Menghindari Asap Rokok

Aku sangat bersyukur karena di tempatku hidup sehari-hari bebas dari asap rokok. Ayahku, suamiku, dan ayah mertuaku tidak ada yang merokok. Sayangnya kalau sedang pergi ke luar masih ada saja orang yang merokok di tempat umum. Aku selalu berusaha untuk menghindari asap rokok, bahkan jika itu berarti harus jalan agak memutar sekalipun.

Makan Teratur

Aku selalu memastikan untuk makan teratur. Jika tidak sempat makan makanan berat, setidaknya diganjal dulu dengan makanan ringan pada saat waktu makan tiba. Aku punya penyakit maag walaupun bukan jenis yang berat. Jadi, makan teratur sudah menjadi sebuah keharusan.

Aktif Bergerak

Dulu aku sempat rajin berolah raga dan rutin mengikuti kelas aerobik. Aku juga pernah rajin jogging setiap dua hari sekali. Tapi sekarang semenjak punya bayi, agak sulit untuk olah raga rutin seperti itu. Jadi sekarang aku mencanangkan program aktif bergerak setiap hari. Nggak usah muluk-muluk, menggendong Kinas keliling rumah juga sudah lumayan kok.

Menghindari Konflik

Jangan lupa, kesehatan itu nggak melulu tentang fisik. Kesehatan mental juga penting untuk dijaga. Sebisa mungkin, aku sangat menghindari konflik, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Menurutku, konflik di dunia maya ini jauh lebih berpengaruh terhadap kesehatan mental dibandingkan konflik di dunia nyata. Kadang karena hanya berkomunikasi melalui tulisan dan gambar, makna ujaran seseorang bisa dengan mudah disalahartikan. Unfollow atau mute saja akun-akun yang bisa membuat sakit kepala.

Melakukan Hobi

Hobi juga penting lho untuk kesehatan mental (dan kalau hobinya adalah kegiatan fisik, jadi bisa menyehatkan tubuh juga). Hobi nggak perlu yang mahal kok, yang penting kita suka dan enjoy melakukannya. Kalau untukku, membaca novel, menonton Netflix, dan blogging sudah cukup jadi pengurai stres.

Kalau kamu bagaimana? Apa caramu supaya tetap sehat?

1 December 2018
Previous Post Next Post

Leave a Reply

You may also like

%d bloggers like this: