Punya Balita Ketika Pandemi

Setahun yang lalu adalah pertama kalinya aku dan Kinas jalan-jalan berdua saja. Waktu itu suami sedang ada tugas di Bogor dan kami ikut menginap di hotel yang lokasinya dekat sekali dengan Kebun Raya Bogor. Selama suami kerja, aku menyempatkan untuk membawa Kinas main ke Kebun Raya Bogor.

Kinas yang waktu itu baru bisa banget jalan nampak antusias diajak jalan-jalan ke museum zoologi. Ada banyak taksidermi hewan yang dia sudah kenal, ada juga yang baru pertama kali dia lihat.

Lalu beberapa minggu kemudian kami kembali mendapat kesempatan untuk ikut suami dinas luar kota lagi. Kali ini kami ke Jakarta dan menginap di salah satu hotel di daerah Sudirman. Stasiun MRT hanya beberapa ratus meter dari hotel, jadi aku membawa Kinas jalan-jalan naik MRT dari Sudirman ke Senayan. Kami keliling Plaza Senayan & Kinas lihat-lihat buku di Kinokuniya.

Saat itu aku membayangkan tahun 2020 akan menjadi tahun yang penuh petualangan untukku dan Kinas. Dia sudah lancar jalan dan sudah mau disapih. Aku pikir ke depannya kami akan banyak jalan-jalan berdua saja: naik kendaraan umum dan mengunjungi tempat-tempat yang menarik.

Tapi kemudian pandemi mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia. Rencanaku untuk pergi bertualang pun pupus, diganti dengan diam di rumah saja. Sayang sekali, karena usia Kinas adalah saat yang tepat untuk diperkenalkan dengan gunung, pantai, hutan, kebun binatang, akuarium, dll. Usianya juga adalah saat yang tepat untuk mulai mengajarkan sosialisasi dan bermain dengan teman sebaya.

Tapi untungnya pandemi ini kami rasakan ketika teknologi sudah sedemikian majunya. Kinas masih bisa berkenalan dengan alam, serta berbagai jenis hewan dan tumbuhan melalui TV dan internet. Kinas juga bisa merasakan pengalaman menonton film bioskop walaupun di rumah saja.

Pandemi juga bukan hanya memberikan dampak negatif, tapi juga dampak positif. Aku perhatikan, Kinas sekarang mendorong pintu pakai siku. Dia juga rajin cuci tangan dan pakai hand sanitizer. Dia dan generasinya akan tumbuh menjadi generasi yang sadar kebersihan dan kesehatan.

The kids are gonna be okay. Manusia adalah makhluk hidup yang gampang beradaptasi. Ya, mereka mungkin memang melewatkan banyak hal, tapi mereka juga mendapatkan banyak pelajaran yang mungkin kita-kita tidak pernah dapatkan ketika kecil dulu. Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah bertahan hidup sebaik mungkin.

25 November 2020
Previous Post Next Post

1 Comment

  • Reply ridha

    Aku masih rajin baca tulisanmu mbak, seneng.

    13 December 2020 at 6:00 AM
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: