[REVIEW] Kindle Paperwhite 10th Generation

Posted in ID, reading, reviews by

Dua tahunan yang lalu, aku mulai hijrah dari baca buku fisik ke buku elektronik. Makin ke sini baca buku jadi makin sulit seiring semakin mobile-nya Kinas. Jangankan kertas buku rapuh, uang 100 ribu aja sanggup dia sobekin dengan mudah. Jadi baca buku fisik sekarang rasanya ngeri-ngeri sedap. Makanya sekarang aku lebih nyaman baca e-book aja.

Sebelumnya aku baca e-book di tablet Samsung, tapi makin ke sini tabletnya semakin lola dan nggak nyaman dipake baca lama-lama. Jadi aku mulai cari tau tentang Kindle Paperwhite. Salah seorang teman sebenernya udah ngerekomendasiin e-reader keluaran Amazon ini, tapi dulu belum ngerasa butuh karna masih bisa pake tablet kan. Dari teman ini aku udah tau beberapa keunggulan Kindle Paperwhite yang 7th generation: ringan, batrenya awet, nggak bikin capek mata karna pengalaman membacanya mirip kayak kalo kita baca buku fisik.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya aku masukin deh Kindle Paperwhite 7th Generation ke wishlist-ku di Tokopedia sambil nabung dikit-dikit buat belinya. Apa daya pas uangnya udah kekumpul, eh tokonya libur sebulan ? Aku nggak mau beli di toko lain karna di toko inceranku ini harganya jauh di bawah harga toko-toko lain.

Eh pucuk dicinta… ternyata suami ngintip-ngintip wishlist-ku untuk beliin kado ultah. Hehehe… Dia ngasih aku kado Kindle Paperwhite tapi yang 10th generation alias versi yang lebih baru dari yang aku pengen! ? Setelah kurang lebih dua bulanan aku pake, sekarang aku udah siap untuk nge-review-nya.

Fisik

Secara fisik, aku puas banget sama Kindle Paperwhite 10th Generation-ku ini. Sesuai dengan yang dijanjikan Amazon, badan Kindle ini enak dipegang bahkan dengan satu tangan sekalipun. Sepintas layarnya terkesan sempit, cuma 6 inchi, lebih kecil 1 inchi dari tablet yang biasa aku pake untuk baca, tapi setelah dipake baca ternyata enak banget di mata. Kindle ini juga jauh lebih ringan dibanding tablet. Selain itu, Kindle ini juga waterproof, tapi aku belum nyobain baca di pinggir kolam atau pantai sih… Untuk nge-charge-nya kita dikasih kabel USB tanpa kepala, jadi kita bisa charge pake kepala charger smartphone atau langsung colok ke laptop. Tapi slot input charger di Kindle-nya sama dengan slot input di smartphone Android pada umumnya kok, jadi kamu bisa charge Kindle-mu ganti-gantian dengan handphone. Overall, aku puas dengan fisik Kindle ini.

Pengalaman Membaca

Set up awalnya gampang banget. Kita tinggal konek ke wifi (Kindle punyaku ini wifi only; versi lain ada yang bisa dipasang SIM card 4G tapi aku kurang tau availability-nya di Indonesia) terus log in atau bikin akun Amazon. Kalo kamu pernah beli e-book di Amazon pake akun yang sama, e-book tersebut bisa kamu download di Kindle. Kalo belum, kamu bisa beli e-book langsung dari Kindle kamu.

Oh ya Kindle-ku ini versi yang ada iklannya ya. Kindle Paperwhite 10th Generation ini ada yang versi with ad dan without ad. Harganya beda; yang tanpa iklan tentu lebih mahal. Tapi iklannya juga menurutku nggak begitu ganggu kok, karena iklannya ya iklan buku juga. Malah kadang ada yang menarik hati dan ujung-ujungnya masuk wishlist.

Baca juga: My Favourite Author: Emily St. John Mandel

Untuk performa batrenya lumayan bagus. Buat aku yang terbiasa nge-charge gadget tiap hari, awalnya ngerasa wow banget karena si Kindle ini baru minta di-charge setelah 6 hari dipake. Menurut spesifikasi aslinya sih Kindle ini batrenya bisa tahan sampe sekitar 7 harian dengan pemakaian rata-rata. Sejauh ini aku baru tiga kali nge-charge karena dalam beberapa minggu terakhir jadi agak jarang baca karena dibikin sibuk sama Kinas yang udah lancar jalan ? #momlife

Baca e-book di Kindle ini bener-bener beda dengan baca di gadget lain. Teknologi e-ink yang diterapkan di layarnya bikin kita seolah-olah kayak baca buku fisik aja. Nggak silau dan nggak memantulkan cahaya ataupun bayangan (alias nggak bisa dipake ngaca). Kelemahannya cuma satu sih… karena Kindle pake e-ink jadi layarnya cuma hitam putih aja. Cover buku yang warna-warni ditampilkan sebagai hitam putih. Beberapa komik dan buku berilustrasi juga nggak bisa di-download di Kindle Paperwhite (*dadah-dadah sama komik Strange Planet-nya Nathan W. Pyle*).

Kesimpulan

Sejauh ini aku puas banget sama Kindle Paperwhite 10th Generation. Kenyamanan mata waktu membaca, daya tahan batre, dan bentuk fisiknya yang ringkas juara banget di mataku. Selain itu, aku juga baru tau kalo ada acara untuk meng-convert e-book yang pernah aku beli di Google Play Store dan memasukkannya ke Kindle, jadi aku nggak ngerasa rugi sama sekali waktu migrasi dari tablet Samsung ke Kindle Paperwhite ini. Jadi, kalo kamu kayak aku nih… mau migrasi dari baca buku fisik ke e-book dan/atau migrasi baca dari smartphone/tablet ke e-reader, aku rekomendasiin banget Kindle Paperwhite 10th Generation ini ?

Note

Buat yang punya pertanyaan tentang Kindle, monggo hubungi aku melalui akun medsos aja ya. Gak tau kenapa nih aku nggak bisa balesin komentar di blog ? Aku masih aktif di Twitter dan Instagram. Kalo kalian kirim DM tapi lama nggak aku bales, tolong mention aja. Trims ??

Beli di Mana

Kindle Paperwhite 10th gen: Oren | Ijo
Kindle Paperwhite 11th gen (versi terbaru): Oren | Ijo

4 January 2020
Previous Post Next Post

15 Comments

  • Reply Rinda Arista

    Teh dara, aku lagi blog walking karena nyari rekomendasi buku. Akhr-akhir ini lebih sering baca buku di HP dan pengen beli kindle, tapi bisa gak sih download ipusnas di kindle -_-?

    5 July 2020 at 1:58 PM
    • Reply Dara

      Eh maaf… Aku gak dapet notifikasi kalo ada komen huhu
      Ipusnas gak bisa euy di Kindle yang Paperwhite. Palingan bisa di Kindle Fire yang pake OS Android, tapi jatuhnya jadi kayak tablet biasa sih Kindle Fire mah.

      23 November 2020 at 9:43 AM
  • Reply Yuni

    Halo ka.untuk membelu buku2 di google play arau mengconvertnya gmna ya caranya.makasih

    21 November 2020 at 7:34 PM
    • Reply Dara

      Halo… Untuk cara convert-nya bisa lihat postingan yang ini ya ?

      23 November 2020 at 9:40 AM
  • Reply Darla! - Cara Transfer Buku dari Google Play Book ke Kindle [UPDATED] - Darla!

    […] beralih dari baca e-book di tablet Samsung ke Kindle Paperwhite, aku merasakan sedikit kekhawatiran tidak lagi bisa baca koleksi e-book yang sudah kubeli dari […]

    28 November 2020 at 5:53 PM
    • Reply AL

      Hi kak! Flip case nya beli dmn? Lucuu warna merah hihihi

      14 January 2021 at 1:17 AM
      • Reply Dara

        Beli di Tokped, Kak. Ada banyak kok, cari aja ?

        20 April 2021 at 9:29 AM
  • Reply Aryo Sanjaya

    Keren reviewnya, menambah motivasi saya untuk migrasi baca buku di kindle, dari sebelumnya gak pernah baca buku. #halah

    Salam blog walking. (gak nyangka ngucapin ini lagi setelah sekian tahun)

    12 February 2021 at 11:42 PM
  • Reply fahrizinfa

    Haloo aku mau nanya, kalau untuk kindle paperwhite ini bisa kirim epub atau ebook lain yang kita punya ke akun amazon kita engga ya? kalau kita kirim ke akun amazon kita nanti ebook nya langsung bisa masuk ke kindle kita atau harus d download dulu?

    makasihh sebelumnya

    6 April 2021 at 3:21 PM
    • Reply Dara

      Halo… Untuk informasi ini ada di postinganku yang ini ya ?

      20 April 2021 at 9:27 AM
      • Reply ANGGIT VERDANINGRUM

        Hallo kak Dara, terimakasih review kindlenya. Aku akhirnya jadi beli kindle, tapi ada yang mau aku tanyakan, jadi kalau di home kindle itu kan ada “your library” terus kebawahnya ada “page turners just for you” , terus “swipe up to see more for you”, nah aku kalau klik misalnya yang swipe up to see more for you suka muncul tulisan “application error” apakah memang bukanya dr kindle seperti itu kak? Soalnya kalau kindle apps dihp kan bsa buka list ebooknya dan minta sample ebooknya hehe mohon dijawab ya kak bila senggang,terimakasih kak

        5 June 2021 at 9:53 PM
        • Reply Dara

          Halo… Duh maaf yaa aku jarang ngecek komen & kadang susah juga mau reply karna suka error wordpress-nya.

          Kindle kadang memang suka error kayak gitu. Dicoba aja ya di lain waktu. Atau bisa dicoba cek rekomendasi dari halaman Store-nya.

          7 October 2021 at 8:52 PM
  • Reply Darla! - Life Update 20/4/2021 - Darla!

    […] nggak pernah update, ternyata blog ini masih cukup rame, thanks to these posts about Kindle: [REVIEW] Kindle Paperwhite 10th Generation dan Cara Transfer Buku dari Google Play Book ke Kindle [UPDATED]. Ada beberapa komen baru juga di […]

    20 April 2021 at 9:21 AM
  • Reply Iqbal

    Wah wah, punya saya generasi ke berapa yah, beli tahun 2014. So far emang recommended buat bikin konsen baca, karena ngga ada banyak hal yang bisa diklik hehe.. Baterenya juga super tahan lam.

    Ngomong-ngomong saya penasaran, kalo buku dari Kindle Paperwhite apa bisa ditransfer ke Google Play Books ya mba?

    27 September 2021 at 1:18 PM
    • Reply Dara

      Halo… Duh maaf yaa aku jarang cek komen huhu

      Aku lebih sering beli buku di Google terus baca di Kindle dibanding sebaliknya. Dan sejauh yang aku tau sih Google Play Books itu app-nya eksklusif banget, nggak ada opsi untuk impor dari file yang udah ada. Jadi kayaknya sih nggak bisa kalo dari Kindle ke Google. Tapi masih kayaknya yaa aku nggak tau pasti hehe

      7 October 2021 at 8:49 PM

    Leave a Reply

    You may also like