5 Aplikasi Keuangan (iOS + Android) Favoritku

Posted in android, ID, money, rekomendasi by

Sejak mengenal Jouska dan Mbak Prita Ghozie beserta ZAP Finance-nya, aku sedikit banyak jadi lebih ‘melek’ sama manajemen keuangan. Jujur nih ya, I’m really really bad at managing money. Bahkan mungkin yang terburuk yang pernah kamu temui. Di tahun 2019 ini aku pingin sekali mulai merapikan keuangan, baik keuangan rumah tangga maupun keuangan pribadi. Untuk membantuku mencapai tujuan itu, aku coba-coba beberapa aplikasi keuangan dan perbankan di ponselku. Hasilnya, aku menemukan 5 aplikasi keuangan favoritku. Kelimanya bisa kamu unduh baik di ponsel berbasis iOS maupun Android (link-nya aku sertakan juga).

EZ Expense Manager

Aplikasi ini khusus aku pakai untuk mencatat transaksi bisnis jualan pulsa dan kuotaku. Sebelumnya aku pernah pakai ini juga untuk mencatat keuangan pribadi waktu masih single dulu. Tampilannya sederhana banget tapi dengan fitur yang cukup lengkap. Setiap transaksi baik pengeluaran maupun pemasukan bisa dimasukkan ke kategori tertentu. Untuk pengeluaran, kita juga bisa mencatat siapa payee atau pihak penerima dananya. Selain itu, kita juga bisa memotret dan menyimpan struk. EZ Expense Manager ini membolehkan kita menambah akun sebanyak apapun tanpa harus bayar. Satu-satunya iklan hanya ada di bagian bawah layar; itupun ukurannya sangat kecil. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang memang nggak suka ribet dan tidak perlu grafik atau ilustrasi yang lucu-lucu.

Unduh EZ Expense Manager di sini: iOS | Android

Pocket Expense

Ketika memutuskan untuk memisahkan pencatatan keuangan bisnis dan rumah tangga, aku mulai mencari-cari aplikasi lain selain EZ Expense Manager. Setelah mencoba beberapa aplikasi, akhirnya aku memutuskan untuk memakai Pocket Expense. Tampilannya lebih atraktif dari EZ. Begitu aplikasi dibuka, tampilan utamanya berupa kalender dengan daftar transaksi di hari ini di bawahnya. Di aplikasi ini kita juga bisa mengatur budget, menambahkan dompet (atau istilahnya akun kalau di EZ), melihat laporan per kategori, dll. Setelah sempat menggunakan Pocket Expense selama beberapa bulan, akhirnya aku harus berhenti ketika mereka memutuskan untuk meluncurkan fitur premiumnya yang memiliki sistem berlangganan. Kamu masih bisa menggunakannya secara gratis, tapi fiturnya dipangkas. Salah satu fitur yang dipangkas itu adalah jumlah dompet yang dibatasi. Selain itu juga ada banyak iklan pop up yang tidak bisa ditutup sebelum iklannya selesai. Sangat disayangkan. Tapi kalau kamu tahan dengan itu semua, Pocket Expense ini layak dicoba.

Unduh Pocket Expense di sini: iOS | Android

Money Lover

Money Lover adalah aplikasi yang akhirnya sekarang aku pakai untuk mencatat keuangan rumah tangga. Fiturnya kurang lebih sama dengan Pocket Expense: ada pengaturan budget, bisa menambah dompet, dll. Jika kita menggunakan versi gratisnya, jumlah dompet yang bisa kita pakai terbatas. Untuk menambah dompet lagi, kita harus bayar. Tapi enaknya di Money Lover ini kita cukup bayar sekali untuk upgrade ke premium account, bukan sistem langganan. Oleh karena itu, aplikasi inilah yang sekarang aku pakai. Oh ya, Money Lover ini juga bisa disambungkan dengan akun m-banking BCA dan Bank Mandiri lho… Aku baru coba menyambungkan akun BCA, tapi semua transaksi jadi masuk ke aplikasi Money Lover dan sungguh aku bingung dengan keterangannya, jadi aku un-link lagi. Hehe ?

Unduh Money Lover di sini: iOS | Android

Jenius

Jenius dari BTPN ini menurutku adalah sebuah gebrakan yang sangat bermanfaat untuk penggila belanja online sepertiku. Jenius sangat membantuku, baik untuk transaksi online dan offline, maupun untuk menabung. Aku sudah pernah mengulas tentang Jenius sebelumnya, jadi silahkan baca saja untuk lebih lengkapnya: Enaknya Pakai Kartu Debit Visa dari Jenius

Unduh Jenius di sini: iOS | Android

digibank by DBS

digibank ini bisa dibilang saingannya Jenius, walaupun belum sampai ke level ‘saingan berat’. Keduanya sama-sama merupakan online banking berbasis aplikasi. Sama-sama mengandalkan aplikasi dan kartu debit Visa yang bisa dipakai transaksi online. Tapi digibank punya beberapa kelebihan dibandingkan Jenius, salah satunya adalah gratis biaya transfer antar bank tanpa kuota (Jenius ada kuotanya). Selebihnya tentang Jenius versus digibank insyallah akan dibahas lebih dalam di postingan lain ya ?

Unduh digibank by DBS di sini: iOS | Android

***

Mengubah money habit (atau habit apapun) itu nggak akan berhasil dalam semalam. Pasti butuh proses yang cukup panjang. Dengan bantuan kelima aplikasi keuangan ini mudah-mudahan aku bisa konsisten dan bisa mencapai tujuanku.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu punya rekomendasi aplikasi keuangan lain yang layak aku coba? Share di komen yaa ?

(Featured image diambil dari Unsplash)

28 January 2019
Previous Post Next Post

4 Comments

  • Reply Firsty Ukhti Molyndi

    wah, aku memang lagi nyari2 nih apps finance apa yg bagus. thanks ya infonya

    17 February 2019 at 11:34 AM
    • Reply Dara

      Sama-sama.. senang bisa membantu 🙂

      18 February 2019 at 9:11 AM
  • Reply Nazrina

    Aku pake Money Lover juga! Ngebantu banget nyatet printilan2 uang lari kemana aja ?

    18 February 2019 at 9:42 AM
  • Reply 5 Aplikasi Keuangan (iOS + Android) Favoritku – Blogger Perempuan

    […] Baca Selengkapnya […]

    20 April 2020 at 5:04 PM
  • Leave a Reply

    You may also like