#BPN30dayChallenge2018 Day 3 – Perjalanan Panjang Menuju DARLA

Selama 9 tahun, blog ini sudah beberapa kali mengalami rebranding. Gonta-ganti desain, gonta-ganti nama, bahkan gonta-ganti domain. Katanya hal seperti ini berpengaruh buruk terhadap SEO. Dan sepertinya ini juga jadi salah satu penyebab kenapa aku nggak pernah berhasil daftar Ad Sense. Tapi entahlah, aku sendiri kurang begitu paham dengan SEO. Aku nge-blog sesuka hati. Mungkin kebiasaan buruk ini harus segera dihilangkan kalau aku mau jadi ‘blogger betulan’.

Di hari ketiga dari #BPN30dayChallenge2018 ini, aku mau cerita tentang beberapa nama yang pernah aku pakai untuk dijadikan sebagai nama blog ini. Apa saja sih?

“Putdar di Sini”

Waktu SMA dan di awal kuliah dulu, aku menggunakan nama panggilan ‘Putdar’, singkatan dari Putri Dara (nama di KTP). Waktu pertama kali bikin blog untuk tugas mata kuliah Bahasa Indonesia, aku pakai nama ini karena ya biar lebih personal saja pakai nama panggilan sendiri.

“Sincerely, Putdar.”

Waktu aku memutuskan untuk lanjut nge-blog dengan bahasa Inggris dan lebih banyak berinteraksi dengan blogger luar negeri, aku merasa aku butuh nama blog dengan bahasa Inggris juga. Waktu itu aku sering mengakhiri postingan dengan salam penutup ‘Sincerely, Putdar.’ jadi aku putuskan untuk pakai itu saja sebagai nama blog.

“The Nerdy Elephant”

Aku nggak begitu ingat cerita di balik nama ini selain fakta bahwa aku suka sekali dengan gajah dan punya banyak koleksi pernak-pernik bertema gajah. Seingatku nama ini tidak bertahan terlalu lama karena ternyata domain thenerdyelephant.com yang waktu itu mau aku beli ternyata sudah ada yang punya.

“Daradise”

Nama ini adalah word play dari namaku dan kata ‘paradise‘. Setelah menggunakan nama ini dan domain dot com-nya selama 2 tahun, akhirnya aku bosan. Hehe…

“Hola Darla”

Setelah bosan dengan nama “Daradise”, aku mengganti lagi nama blogku jadi “Hola Darla”. Waktu itu aku sudah mulai mengklaim user name darlaoct di berbagai media sosial. Kenapa Darla, bukan Dara? Awalnya nama Darla ini muncul sebagai panggilan manja seorang sahabat dan aku suka, jadi aku pakai di blog dan akun-akun media sosial. Sedangkan kata ‘hola‘ di depannya aku pakai karena berima saja dengan Darla hehe… Waktu itu belum terpikirkan untuk pakai domain darlaoct.com, jadi masih pakai domain sesuai nama blog yaitu holadarla.com.

“DARLA”

Akhirnya setelah 9 tahun nge-blog di platform Blogger, aku siap untuk grow up dan move on ke platform WordPress. Suamiku men-set up blog WordPress yang self-hosted dengan domain yang sesuai dengan user name-ku di medsos-medsos. Lalu dengan bantuan googling sana-sini, aku berhasil memindahkan blogku ke sini. Waktu itu aku pikir sekalian saja rebranding, akhirnya aku menghapus ‘hola‘ dan meninggalkan “DARLA” saja sebagai nama blogku.

Wah ternyata cukup panjang ya perjalanan menuju ke DARLA ini. Sembilan tahun bukan waktu yang sebentar, apalagi di dunia blogging dan internet yang selalu berubah setiap harinya. Alhamdulillah aku masih bisa bertahan, walaupun godaan untuk hengkang selalu ada, ditambah lagi godaan malas hehe… Mudah-mudahan aku masih konsisten terus menulis ?

Baca juga: Changing Lane

22 November 2018
Previous Post Next Post

1 Comment

  • Reply Ainhy

    Waa 9 tahun waktu yg cukup lama blogging yah mba, aq aja blum sampai 3 tahun dan go ta ganti 3 kali. Smngt bloggingnya mba ?

    23 November 2018 at 7:54 AM
  • Leave a Reply

    You may also like