#BPN30dayChallenge2018 Day 4 – Enaknya Gabung dengan Blogger Perempuan Network

Sebagai makhluk sosial, manusia nggak bisa hidup sendiri. Kita punya kebutuhan mendasar untuk berinteraksi dan bergaul dengan orang lain. Begitu juga bagi blogger, pasti ada sebuah kebutuhan untuk berkumpul dengan sesama blogger, terutama yang seide dan sepemikiran.

Dulu waktu kuliah, aku sempat aktif di komunitas blogger kampus (yang mana menjadi jalanku menemukan jodoh 🤣). Tapi setelah lulus aku sempat jadi lone ranger blogger, nggak gaul sama siapa-siapa. Sampai akhirnya pada suatu hari aku menemukan banner Blogger Perempuan Network (BPN) di satu blog yang sedang aku kunjungi. Karena penasaran, akhirnya aku kepoin deh website-nya.

Website BPN tampilannya sangat feminin, dengan warna dominan fuchsia. Sangat menarik di mata 😍 Website-nya juga sangat mudah dinavigasi. Setelah melihat sana-sini aku jadi tahu kalau BPN bukan sekadar komunitas blogger saja, tapi juga agensi profesional yang menjadi penghubung antara brand dan blogger. Aku memutuskan untuk bergabung dan mendaftar jadi member. Selain itu, aku juga bergabung di grup Facebook-nya.

Baca juga: Kenapa Aku (dan Kamu) Harus Nge-blog?

Setelah bergabung selama beberapa tahun, walaupun aku tidak terlalu aktif di forum, tapi aku sudah merasakan cukup banyak manfaat dari keanggotaanku di BPN, di antaranya:

Networking

Tentu tujuan utama bergabung dalam komunitas adalah membangun jejaring. Ini yang paling terasa buatku. Walaupun tidak terlalu aktif, tapi dari BPN aku jadi mengenal banyak blogger inspiratif (tapi apakah mereka mengenalku? Belum tentu 🤣) dan aku mendapat 2-3 orang teman baru.

Dapat info terbaru mengenai lomba blogging

Ini juga yang aku rasa penting. Bergabung dengan BPN membuatku jadi tahu tentang lomba-lomba blogging. Aku sekarang jadi tertarik untuk ikut dalam lomba-lomba blogging karena ngiler melihat Teh Uchan alias Langit Amaravati yang kayaknya hampir tiap bulan dapat hadiah hasil dari memenangkan lomba blogging. Sungguh aku iri melihatnya 🙈

Dapat job menulis atau menjadi buzzer

Nah yang ini pasti kesukaan hampir semua blogger 🤣 Lewat BPN, aku sudah beberapa kali dapat paid opportunities, baik berupa tawaran menulis artikel maupun undangan event. Belum terlalu banyak sih, soalnya aku sering ketinggalan berita tentang tawaran ini karena telat buka email. Biasanya paid opportunities ini sistemnya siapa cepat dia dapat, jadi suka rebutan 😅

Baca juga: Grand Opening ASUS Republic of Gamers Store di Bandung Electronic Center

Dapat motivasi dan inspirasi untuk terus menulis

Melihat sesama member BPN yang sudah sukses membuatku jadi terpacu untuk terus mengembangkan skill menulis dan blogging-ku. Selain itu BPN juga turut mendorong produktivitasku sebagai blogger lewat challenge seperti #BPN30dayChallenge2018 yang sedang aku jalani ini. Hari ini adalah hari ke-4 dan alhamdulillah aku masih konsisten menulis sesuai tema.

BPN telah berpengaruh banyak dalam pengembangan diriku sebagai blogger. Semoga kedepannya aku bisa lebih aktif lagi di forum dan nggak ketinggalan lagi info-info dari BPN gara-gara email yang terlewat, hehe…

Terima kasih, Blogger Perempuan Network 😘

*Gambar diambil dari Unsplash dan diedit seperlunya

23 November 2018
Previous Post Next Post

Leave a Reply

You may also like

%d bloggers like this: